Logo Universitas Negeri di Jawa Barat

Logo dan Lambang Universitas Negeri di Jawa Barat



Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Bogor

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang semula Akademi Sandi Negara (AKSARA) adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Diploma IV (D-IV), yang dikelola oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sejak tahun 1973. Dasar pendirian STSN adalah Keputusan Presiden RI No. 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003. Keputusan Presiden ini juga menetapkan bahwa Akademi Sandi Negara dintegrasikan kedalam Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Website : http://stsn-nci.ac.id
Jl. Raya H. Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat
 (0251) 8541742 / 8541754
 (0251) 8541720




Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963 sebagai wujud pemikiran yang visioner dari pemimpin bangsa dan mereka yang peduli dengan pendidikan tinggi pertanian agar bangsa besar ini mempunyai perguruan tinggi kelas dunia yang memiliki kompetensi dalam bidang pertanian, biosains, dan berbagai bidang yang terkait.  Hal ini ditujukan untuk memperkuat ketahanan pangan, bioenergi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan menjaga lingkungan hidup. Lahirnya IPB pada tanggal 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965.

Lokasi di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Website : http://ipb.ac.id/

Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) berlokasi di Kota Bandung. ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Pada tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik. ITB mempunyai 20 program studi yang terakreditasi secara internasional (sembilan di antaranya dari ABET).


Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia, sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Sejarah ITB bermula seja awal abad kedua puluh, tujuan awal pendirianya dimaksudkan memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschapyang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.

Website : https://www.itb.ac.id/
Alamat: Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Telepon: (022) 2500935


Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung dan Sumedang


Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Cibiru, Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, dan Purwakarta

Politeknik Negeri Bandung (Polban), Bandung


Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung, Bandung

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman), Bandung

Universitas Siliwangi (UNSIL), Tasikmalaya

Universitas Singaperbangsa (UNSIKA), Karawang